Cari Blog Ini

Minggu, 28 Agustus 2011

Tips Berkarir - Bekerja Di Bidang Akuntansi

Bekerja dibidang keuangan merupakan pekerjaan yang penuh tantangan. Jika kita cukup serius dan mempunyai niat yang kuat, hal ini merupakan sesuatu yang dapat diandalkan, apalagi ini akan sejalan dengan perkembangan teknologi informasi. Tantangan yang besar itu adalah belajar dan memahami bisnis yang kita tuntun menuju kearah yang kita ingin. Untuk menuju keberhasilan tentunya kita mengikutsertakan bidang yang tidak kalah pentingnya yaitu bekerja dibidang akuntansi. Bidang ini merupakan urat nadi bagaimana mengelola keuangan perusahaan anda agar dapat berjalan sesuai yang diatur dalam anggaran keuangan perusahaan.

Hampir dari kita tentunya berpikir berkarir dibidang akuntansi merupakan pekerjaan yang bisa membuat seseorang menjadi sukses dalam arena bisnis. Seorang direktur keuangan atau dikenal dengan CFO (Chief Financial Officer) memiliki latar belakang pendidikan akuntansi. CFO yang berpengalaman tentunya lebih banyak memahami tentang kondisi perusahaan dan bagaimana mengelola keuangan perusahaan dengan baik agar perusahaan dapat memperoleh keuntungan sesuai yang diharapkan.

Untuk bekerja dibidang akuntansi, akuntan dibayar untuk melakukan kegiatan yang dimulai dengan menyusun laporan keuangan dan menulis semua kegiatan bisnis yang terjadi. Anggaran dan penetapan strategi bisnis tentunya merupakan informasi yang cukup penting bagi pemilik bisnis untuk menentukan arah masa depan bisnis yang dipunyai. Tidak hanya itu seorang akuntan harus mampu mengelola dan mengatur merger dan akuisisi dengan perusahaan lain, meningkatkan kualitas manajemen secara berkesinambungan demi memperluas perusahaan, dan mampu mengadopsi sistem teknologi informasi terbaru untuk mendukung keuangan yang berkualitas, dan masih banyak lagi.

Bekerja dibidang akuntansi merupakan bidang yang banyak dibutuhkan banyak perusahaan untuk kondisi apapun. Baik itu perusahaan dalam keadaan lemah maupun kuat kondisi keuangannya, akuntansi sangat diperlukan dalam mengontrol dan mengelola keuangan serta kemajuan perusahaan, perpajakan, maupun audit. Pekerjaan bidang akuntansi juga banyak diperlukan untuk mengungkap skandal korupsi dalam suatu organisasi.

Saya sangat menyarankan, bila anda ingin bekerja dibidang akuntansi, belajarlah di perusahaan akuntan publik. Disana anda bisa melihat dengan jelas kasus yang berbeda untuk beragam jenis perusahaan. Jika anda terus berlatih, diharapkan anda mempunyai lebih banyak pengalaman untuk bisa mengembangkan karir diperusahaan maupun dilembaga keuangan pemerintah. Pendidikan, keterampilan dalam berkomunikasi dan pengalaman merupakan elemen-elemen dasar untuk sukses dibidang akuntasi keuangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar